Menu

Mode Gelap

News · 10 Des 2022 19:27 WIB

Kalau di Papua Ada Raja Ampat, di Aceh Ada Ratu Ampat


 Kalau di Papua Ada Raja Ampat, di Aceh Ada Ratu Ampat Perbesar

Donya.News | Aceh Singkil – Terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Kepualauan Banyak terdiri dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat. Berjumlah tujuh desa, kedua kecamatan terpisah daratan karena sejatinya merupakan gugus kepulauan yang terdapat di Provinsi Aceh.

Jika anda pernah mendengar Kepulauan Seribu di Jakarta, atau Karimun Jawa di Semarang dan Raja Ampat di Papua, maka Kepulauan Banyak serupa dengan itu semua.

Luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 ha dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pulau Banyak layaknyak serpihan surga yang terjatuh ke bumi. Memiliki pemandangan pantai dan terumbu karang yang indah, merupakan tempat yang sangat cocok bagi anda yang ingin menjauh dari hiruk pikuk pekerjaan atau sekedar berlibur bersama para sahabat atau rekan kerja.

Sebagai wilayah kepulauan, jangan bertanya bagaimana kondisi sosialnya. Masyarakat yang ramah dan anak-anak yang bermain dipinggir dermaga adalah pemandangan lumrah yang akan sering kita jumpai di wilayah ini.

Uniknya, semua anak masih bermain dengan riang tanpa menghiraukan gadget seperti anak kota kebanyakan yang sering kita temui.

Terdapat berbagai macam makanan yang hanya akan kita temukan di Pulau Banyak. Seperti panekui, bolu dan roti tapai yang sangat cocok dijadikan sebagai sarapan pagi ditemani segelas kopi. Kebanyakan kopi yang jajakan adalah kopi tubruk khas daerah pulau dengan kekentalan dan kekuatan kafein yang super. Biasanya disajikan untuk para warga yang dominan berprofesi sebagai nelayan.

Tak asing jika masyarakat menggunakan karang mati sebagai pondasi di wilayah ini, beberapa bahkan menggunakan karang yang masih hidup sebagai pondasi rumahnya. Kenaikan muka air laut dan turunnya permukaan tanah menjadikan wilayah ini mengalami abrasi yang kian hari kian parah. Perhatian terhadap kelestarian dan perlindungan alam tak luput dilakukan dengan adanya keberadaan lembaga lingkungan pemerintahan dan non pemerintahan.

Jika anda sedang berada di Kabupaten Aceh Singkil, tidak ada salahnya anda mengunjungi wilayah ini. Tersedia transportasi penyeberangan menggunakan kapal nelayan lokal berukuran besar dan kecil, kapal ferry serta kapal fiber berukuran kencang (speed boat) yang bisa digunakan sebagai akses penyebrangan.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Prof. Mustanir buka acara Penguatan Komite Sekolah Ke-3 Tahun 2024

9 Juni 2024 - 11:19 WIB

Griya Fahmi VC Siap Hadapi 12 TM VC Samadua di Ajang Final Volly Ball Barsela Cup

31 Mei 2024 - 10:35 WIB

AWPF Dorong Pemkab Bener Meriah Lahirkan PERBUP Terkait Perlindungan Perempuan dan Anak

29 Mei 2024 - 15:28 WIB

MTsN 1 Banda Aceh Terima Kunjungan SMISTA Kula Lumpur

29 Mei 2024 - 04:26 WIB

Ketua DPD Partai Golkar Aceh H.T.M.NURLIF mendaftar ke Partai Gerindra Aceh sebagai Bacagub Aceh

27 Mei 2024 - 06:33 WIB

Usai Perpanjangan SK, Ketua KoBar-GB Abdya Langsung Sumbangi Rumah Guru Korban Kebakaran

24 Mei 2024 - 18:15 WIB

Trending di hedline