Menu

Mode Gelap

News · 20 Des 2022 16:54 WIB

Aggota DPRK Dorong Pemko Perhatikan Layanan dan Kualitas PAUD


 Aggota DPRK Dorong Pemko Perhatikan Layanan dan Kualitas PAUD Perbesar

Donya.News | Banda Aceh Anggota Komisi IV DPRK Banda Aceh Dr Musriadi SPd MPd, mendorong, pemerintah kota banda aceh  agar memperhatikan kualitas, mutu dan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di lingkungan Disdikbud Banda Aceh

Saat ini pertumbuhan PAUD di Kota Banda Aceh sangat banyak, sehingga Pemko harus memperhatikan diantaranya regulasi tentang percepatan dan pemenuhan layanan PAUD Holistik Integratif berkualitas, rencana Aksi Daerah dan Gugus tugas PAUD Holistik Integratif dalam Peningkatan kualitas, dan kualifikasi PTK PAUD dan Pemenuhan dan pemerataan sanpras PAUD  yang proporsional.

Musriadi menyatakan, Pemko mengindentifikasi dan verifikasi PAUD yang orientasinya dikomersilkan tanpa melihat kualitas pengajarnya, karena akan berdampak pada perkembangan mutu pendidikan.

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa, dan Masyarakat menyediakan layanan PAUD berkualitas berdasarkan standar nasional PAUD.

Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik-Integratif melalui payung hukum yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2013. Dengan Perpres PAUD Holistik-Integratif itu, pemerintah menargertkan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pencapaian tumbuh kembang optimal pada perkembangan anak selama periode dini, yaitu sejak masih janin hingga anak berusia enam tahun.

“Kita mendorong pemko segera mengeluarkan Peraturan Wali Kota  tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD HI) pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)” Musriadi ungkapnya.

Peraturan ini di anggap penting ditetapkan dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pencapaian tumbuh kembang optimal sehingga dibutuhkan pemenuhan kebutuhan esensial secara optimal agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya.

Dalam mensinergiskan upaya pemko penurunan stunting dapat di akselerasi dengan adanya Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, karena pada usia 3-6 tahun diharapkan sudah muncul rangsangan pendidikan dan pemenuhan gizi yang bagus. Oleh karena itu, satuan PAUD sangat penting untuk percepatan penurunan stunting.

Salah satu tujuan lahirnya Regulasi tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Intergratif yaitu  terpenuhinya kebutuhan esensial anak. Kebutuhan esensial anak yang dimaksudkan meliputi pemenuhan kesehatan dan gizi, pembinaan moral-emosional dan pengasuhan, serta perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan.

“Peningkatan mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan  PAUD untuk memenuhi standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  PAUD yang terdapat dalam Permendikbud No.137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD” ungkapnya.

Musriadi menambahkan Kita berharap Disdikub Kota Banda Aceh fokus dalam peningkatan mutu PTK PAUD berupa pelatihan, diklat berjenjang, seminar, workshop, bimbingan teknis, magang, dan study banding.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Prof. Mustanir buka acara Penguatan Komite Sekolah Ke-3 Tahun 2024

9 Juni 2024 - 11:19 WIB

Griya Fahmi VC Siap Hadapi 12 TM VC Samadua di Ajang Final Volly Ball Barsela Cup

31 Mei 2024 - 10:35 WIB

AWPF Dorong Pemkab Bener Meriah Lahirkan PERBUP Terkait Perlindungan Perempuan dan Anak

29 Mei 2024 - 15:28 WIB

MTsN 1 Banda Aceh Terima Kunjungan SMISTA Kula Lumpur

29 Mei 2024 - 04:26 WIB

Ketua DPD Partai Golkar Aceh H.T.M.NURLIF mendaftar ke Partai Gerindra Aceh sebagai Bacagub Aceh

27 Mei 2024 - 06:33 WIB

Usai Perpanjangan SK, Ketua KoBar-GB Abdya Langsung Sumbangi Rumah Guru Korban Kebakaran

24 Mei 2024 - 18:15 WIB

Trending di hedline