Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 27 Okt 2023 04:16 WIB

Gandeng Pakar dari Cirebon, Prodi PMI UIN Ar-Raniry Lakukan Refleksi Praktikum Pendampingan Gampong


 Gandeng Pakar dari Cirebon, Prodi PMI UIN Ar-Raniry Lakukan Refleksi Praktikum Pendampingan Gampong Perbesar

Donya. News | Banda Aceh – Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry kembali melakukan refleksi praktikum pendampingan Gampong pada Kamis, 26 Oktober 2023. Sebanyak 43 mahasiswa yg diturunkan ke empat Gampong (Lam Raya, Bak Cirih, Seumet, dan Seubam Lhok) di Kecamatan Montasik. Dalam kesempatan ini perwakilan mahasiswa di setiap gampong memaparkan hasil rapid assesment yg fokus pada isu pengelolaan lingkungan dan ketahanan pangan di lokasi praktik masing masing.

 

Dr. Rasyidah, M.Ag selalu ketua Prodi PMI menyampaikan bahwa praktikum makro pendampingan Gampong merupakan ajang bagi setiap mahasiswa PMI untuk mempraktekkan kemampuan mereka mulai dari community engagement, asesment, perencanaan dan pelaksanaan intervensi berbasis asesemen, refleksi dan evaluasi serta exit strategi untuk memastikan sustainabelity. Spirit yang ditanamkan adalah berbuat kebaikan bagi masyarakat sebagai wujud da’wah bil haal, tambahnya.

 

Menanggapi hasil asesment mahasiswa, narasumber utama dari Ketua Prodi PMI Cirebon, Turasih, M.Si menyebutkan tantangan edukasi pengelolaan sampah pada masyarakat pedesaan adalah masih kurangnya interest masyarakat terkait hal ini, dibandingankan dengan masyarakat perkotaan. Hal ini dikarenakan di pedesaan masih terdapat banyak lahan, dan dianggap masyarakat sebagai tempat yg dapat diakses untuk pembuangan sampah. Sehingga senada dengan hasil asesment, masyarakat menggunakan kebun kebun masyarakat sebagai tempat sampah. Maka diperlukan pembahasaan yg sesuai dengan konteks pedesaan sehingga masyarakat bisa lebih tertarik.

Hal ini dirincikan juga oleh Dr. T.Lembong Misbah, M.Ag sebagai fasilitator kegiatan ini: Menurutnya kreatifitas mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan gampong akan menjadi jalan yang memudahkan menuju terwujudnya output praktikum yaitu terbentuknya bank sampah di setiap Gampong dampingan. Selain menjadikan sampah bernilai ekonomis, ini juga menjadi jalan ibadah penyelamatan bumi, tutupnya.

 

Kegiatan yang diselenggarakan di lantai 1 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk melakukan praktikum dengan bekerja ikhlas, tuntas dan berkelas.

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Gelar Buka Puasa Bersama MTsN Model Banda Aceh Santuni 70 Pelajar Yatim

31 Maret 2024 - 18:25 WIB

Edusantara.id : Anak Berkebutuhan khusus Juga Menginspirasi Delegasi se-Indonesia

24 Februari 2024 - 02:44 WIB

MTsN 1 Model Banda Aceh Serahkan Sumbangan Untuk Dayah Babul Maghfirah

22 Februari 2024 - 04:01 WIB

Puluhan Delegasi Se-Indonesia Berkumpul di Sabang Laksanakan Pengabdian

21 Februari 2024 - 04:33 WIB

Perayaan Hari Ibu di RSAN Diwarnai Air Mata

13 Desember 2023 - 08:32 WIB

Guru MTsN 2 Aceh Utara Sabet Juara 1 Khat MTQ Korpri Provinsi Aceh

18 November 2023 - 03:20 WIB

Trending di Budaya