Menu

Mode Gelap

hedline · 17 Des 2022 09:07 WIB

Dunia Kehabisan Stok Vaksin Kolera


 Dunia Kehabisan Stok Vaksin Kolera Perbesar

Stok vaksin kolera di dunia saat ini kosong, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat. Habisnya stok vaksin ini terjadi di tengah meningkatnya kasus kolera di seluruh dunia.

Badan kesehatan PBB itu menyampaikan, angka kematian global kolera meningkat dan ada sekitar 30 negara di dunia yang melaporkan wabah kolera tahun ini. Angka ini sepertiga lebih tinggi daripada tahun biasanya.taboola mid article

“Kita tidak lagi punya vaksin. Semakin banyak negara yang terus meminta (vaksin) dan ini sangat menantang,” kata Ketua Tim WHO bidang Kolera dan Penyakit Epidemi Diare, Dr Philippe Barboza, dikutip dari Al Arabiya, Jumat (16/12).

Biasanya ada sekitar 36 juta dosis vaksin kolera tersedia setiap tahun. Kelangkaan vaksin ini mendorong WHO menangguhkan sementara standar strategi vaksinasi dua dosis sejak Oktober lalu.

Barboza mengatakan, salah satu penyebab kelangkaan ini karena keputusan pabrik vaksin India menghentikan ekspor. Dia mengatakan, produsen vaksin di Afrika Selatan berencana memulai produksi tapi itu juga memerlukan waktu beberapa tahun.

“Kemungkinan juga karena kurang menarik mengembangkan vaksin kolera, pada dasarnya vaksin untuk negara-negara miskin, daripada mengembangkan vaksin Covid-19 yang pendapatannya jauh lebih tinggi,” jelasnya.

Kolera disebarkan oleh makanan atau air yang terkontaminasi. Penyakit ini bisa menyebabkan diare parah. Banyak orang yang terinfeksi penyakit ini mengalami gejala ringan tapi bisa membunuh dalam beberapa jam jika tidak ditangani.

“Tidak dapat diterima dalam abad ke-21 ini orang-orang meninggal karena penyakit yang sangat dikenal dan sangat mudah ditangani,” kata Barboza.

Negara yang banyak melaporkan kolera adalah negara-negara yang dilanda konflik dan kemiskinan seperti Yaman dan Haiti. Tapi penyakit ini juga dilaporkan di negara-negara berpenghasilan menengah seperti Lebanon.

merdeka.com

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

MPD Aceh Besar Kembali Laksanakan Penguatan Komite Sekolah 2024

19 Mei 2024 - 07:37 WIB

TM Nurlif Temui Masyarakat Pidie Di Meulaboh

13 Mei 2024 - 14:22 WIB

Daniel Sebut Partai Nasdem Terbuka untuk Umum demi Kepentingan Masyarakat

4 Mei 2024 - 13:56 WIB

Gelar Buka Puasa Bersama MTsN Model Banda Aceh Santuni 70 Pelajar Yatim

31 Maret 2024 - 18:25 WIB

Dua Guru Besar Isi Safari Ramadhan IMPM Mutiara Raya

30 Maret 2024 - 22:14 WIB

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

26 Maret 2024 - 10:17 WIB

Trending di hedline