Menu

Mode Gelap

Budaya · 22 Mei 2024 12:58 WIB

Jamaah Haji Kabupaten Aceh Barat Menuju ke Mekkah Pada 6 Juni 2024


 Jamaah Haji Kabupaten Aceh Barat Menuju ke Mekkah Pada 6 Juni 2024 Perbesar

Donya.News | Meulaboh- Jamaah haji Kabupaten Aceh Barat akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah Mekkah Almukarramah pada 6 Juni 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar pada prosesi Peusijuek Jamaah Haji di lingkungan Kankemenag setempat, Rabu 22 Mei 2024.

Khairul mengatakan, 162 jamaah haji Kabupaten Aceh Barat akan diberangkatkan dari Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh menuju ke Banda Aceh pada 4 Mei 2024, dan masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh pada tanggal 5 Juni 2024 pukul 08.00 WIB, dan pada tanggal 6 Juni 2024 pukul 01.00 WIB dini hari menuju ke Jeddah bersama jamaah yang tergabung dalam kloter 8 BTJ Aceh.

“Jamaah akan diinapkan di hotel sebelum masuk asrama haji,” tambahnya.

Khairul menambahkan, jelang keberangkatan, jamaah haji di lingkungan Kankemenag Aceh Barat juga dipeusijuk. Peusijuk tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan masyarakat Aceh Barat khususnya saat saudara dan kerabatnya akan melaksanakan ibadah haji.

Khairul menyebutkan, prosesi peusijuk diikuti oleh 11 jamaah haji di lingkungan Kankemenag Aceh Barat, salah satunya Kakankemenag Aceh Barat, Abrar Zym yang juga akan berangkat sebagai TPIHI Pembimbing Ibadah Haji kelompok terbang (kloter) 8 BTJ Aceh.

Khairul menjelaskan, selain bentuk doa dan dukungan untuk jamaah haji yang akan berangkat, peusijuek juga sebagai bentuk syiar agar memotivasi masyarakat untuk segera mendaftarkan diri sebagai jamaah calon haji.

Menurutnya, dengan melihat rasa gembira di wajah jamaah haji dapat memberikan semangat, seakan merasa diri ikut serta untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

“Acara ini perlu dilakukan selain doa juga silaturahmi. Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga dapat menunaikan syarat dan hukum haji, serta kembali ke tanah air dengan haji mabrur dan mabrurah,” harapnya.

Sementara itu, Kankemenag Aceh Barat, Abrar Zym menyampaikan, melaksanakan ibadah haji merupakan panggilan, oleh karena itu Ia mengajak jamaah untuk melaksanakan dengan baik.

Abrar berpesan kepada jamaah haji, agar bersungguh-sungguh dengan manasik yang telah dilakukan dan mempraktikkan apa yang telah diajarkan oleh rasulullah.

Selain itu, mewakili jamaah haji Ia meminta doa kepada seluruh keluarga besar Kankemenag Aceh Barat agar dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna dan selamat kembali ke tanah air.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Griya Fahmi VC Siap Hadapi 12 TM VC Samadua di Ajang Final Volly Ball Barsela Cup

31 Mei 2024 - 10:35 WIB

AWPF Dorong Pemkab Bener Meriah Lahirkan PERBUP Terkait Perlindungan Perempuan dan Anak

29 Mei 2024 - 15:28 WIB

Usai Perpanjangan SK, Ketua KoBar-GB Abdya Langsung Sumbangi Rumah Guru Korban Kebakaran

24 Mei 2024 - 18:15 WIB

Dekan FDK UIN: Pelatihan Kewaspadaan Narkoba Perlu Terus Dilaksanakan

23 Mei 2024 - 12:39 WIB

Rusli SPd Kembali Pimpin KOBaR-GB Aceh Barat Daya

22 Mei 2024 - 13:23 WIB

Daniel Sebut Partai Nasdem Terbuka untuk Umum demi Kepentingan Masyarakat

4 Mei 2024 - 13:56 WIB

Trending di hedline